Peluang Usaha Kopi Biji Salak dan Cara Pembuatannya

Hai sob, pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana cara membuat kopi bubuk lagi nih, tapi kali ini kopinya beda sob, makanya lanjutin baca ya. Kopi memang salah satu minuman yang banyak disukai setiap orang, pasti banyak diantara kita pun suka minum kopi atau bahkan sering minum kopi. Pada umumnya kopi terbuat dari biji kopi asli, tapi kalian pernah kepikiran gak untuk membuat kopi dari bahan lain? Banyak orang yang gak sadar adanya sumber alternatif lain dan sangat mudah untuk dijumpai di sekitar lingkungan kita. Ternyata selain dari kopi biji asli, pembuatan kopi juga bisa dari biji buah salak loh. Nah, penasaran kan?

Perlu kita ketahui, banyak di kalangan masyarakat, khususnya masyarakat desa mulai berbondong-bondong mengolah biji salak pondoh sebagai bahan baku minuman alternatif pengganti kopi, karena banyak masyarakat yang sudah mengetahui banyak manfaat dari kopi biji salak terutama untuk menggempur darah tinggi / hipertensi.

kopi-biji-salak

Kita semua pasti tau buah salak kan? Salak memang sejenis tanaman palma dan menghasilkan buah yang bisa untuk dimakan asli Indonesia. Buah salak dengan ciri-ciri berbentuk bulat atau bulat terlur terbalik dan satu pangkalnya meruncing. Kulit berwarna kuning sampai hitam dengan sisik yang tersusun rapi, daging buah berwarna putih dan terdapat biji di tengahnya.

Misalnya biji salak dianggap sebagai buah-buahan yang hanya dapat dinikmati daging buahnya saja. Tapi banyak dari kita yang belum menyadari bahwa sesungguhnya biji salak yang memiliki tekstur sangat keras berbentuk bulat dan berwarna cokelat dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kopi.

Selama ini biji salak hanya dijadikan sebagai limbah yang tidak berguna dan tidak dimanfaatkan serta kurang mempunyai daya guna, contohnya ketika kita makan salak pasti bijinya langsung dibuang, iya kan? Tapi, dibalik biji salak tersebut ternyata terdapat manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Terlebih lagi, pembuatan biji kopi salak ini tidak memerlukan biaya yang banyak, dan tentunya akan membuat para pecinta kopi dapat menghemat uang mereka. Selain hemat biaya, pembuatan kopi dari biji kopi salak ini dapat memberikan sumbangan bagi masyarakat sekitar dan dunia wirausaha.

Biji salak dapat dijadikan alternatif minuman penghangat di kalangan masyarakat yang memiliki khasiat yang baik bagi peminumnya. Nah, kalau sudah begitu artinya kopi biji buah salak ini dapat dimanfaatkan sebagai alternatif minuman penghangat selain teh, wedang-wedangan, dan minuman penghangat lainnya.

Cara Pembuatan Kopi Biji Salak

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci dan membersihkan biji salak yang tua, inget, cuma biji salaknya aja loh ya, jangan sama kulitnya.
  2. Kemudian keringkan dengan cara menjemur dibawah paparan sinar matahari lebih dari satu minggu.
  3. Siapkan wajan yang telah dipanaskan dengan suhu kurang lebih 90°C.
  4. Lalu masukkan biji-biji salak yang sudah dibersihkan tadi ke dalam wajan lalu disangrai (digoreng tanpa menggunakan minyak) hingga biji salak berwarna hitam pekat, tapi hati-hati jangan sampai gosong ya, biar rasa kopinya gak pahit.
  5. Tiriskan hasil sangrai biji salak selama 5-10 menit.
  6. Kemudian tumbuk hingga halus, agar hasilnya lebih optimal kalian bisa menggunakan mesin penumbuk biji kopi.
  7. Setelah itu disaring, untuk memperoleh bubuk biji salak yang lembut.
  8. Langkah terakhir ya tinggal diminum, bisa diseduh dengan air panas dan tambahkan gula secukupnya.

Caranya gampang banget kan? Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman semua yang ingin mencoba membuat kopi biji salak sendiri di rumah, karena kopi biji salak ini merupakan salah satu inovasi dan bisa menjadi alternatif minuman penghangat, dan tentunya menyehatkan. Kopi biji salak ini juga bisa kalian jadikan sebagai peluang usaha karena memang memiliki nilai jual dan belum banyak beredar di pasaran. Selamat mencoba dan terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s